Kamis, 03 November 2022 Korp Suka Rela (KSR) Universitas Muhammadiyah Klaten mengadakan kegiatan bakti sosial dengan melakukan Donor Darah di lingkungan kampus. Kegiatan dengan Tema “Membangun Pemuda yang Tangguh” dengan tagline “Donor Darah Tahun 2022, share your blood, share your care
Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi KSR UMKLA dan bekerjasama demam PMI Kabupaten Klaten ini melibatkan Dosen, Tenaga Kependidikan serta Mahasiswa UMKLA dan anggota KSR. “Pendonor yang sudah lolos skrinning sebagau pendonorlah yang dapat diambil darahnya”, ungkap Mytha salah satu petugas dari PMI Kabupaten Klaten. “Diantaranya syarat lolos Hb, Tekanan Darah, Berat Badan, 3×24 jam tidak mengkonsumsi obat, 2bulan sebelumnya tidak melakukan bekam jarum” ungkapnya lebih lanjut.
Total peserta yang ikut mendaftara sebagai pendonor sekitar 50an hanya saja tidak semua bisa lolos dalam skrinning. Kendala yang dialami pendonor adalah tekanan darah yang terlalu rendah atau tinggi, kadar Hb yang kurang atau masih mengkonsumsi obat dalam 3×24 jam.
Lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan adalah IGD Universitas Muhammadiyah Klaten. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian acara nek perintah hari Kesehatan Nasional ke 58th.
Disampaikan ketua KSR, Fitriana Nugraheni tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah merealisasikan program kerja KSR Umkla periode 2021/2022; meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia; mengisi jumlah stok darah PMI Kab. Klaten. “Alhamdulillaah kegiatan berjalan dengan lancar, dosen dan mahasiswa sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan donor darah”, ungkap Fitriana.
Disamping tujuan diatas pada khususnya, pada umumnya kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dan pengabdian UMKLA bagi warga sekitar klaten maupun wilayah klaten. Semangat berbagi dan berbakti untuk negeri serta memajukan kesehatan Indonesia, Memajukan Indonesia dan Mencerahkan Semesta. #Muktamar.48

-Humas Universitas Muhammadiyah Klaten-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *